MELIHAT KINERJA BULOG

BULOG merupakan salah satu badan milik pemerintah yang berfungsi untuk mengatur distribusi logistik khususnya perberasaan. BULOG sendiri tersebar di berbagai daerah di Indonesia seperti di daerah Banyumas dan daerah-daerah lainnya. Salah satu peran dari BULOG yaitu mengatur distribusi beras yang ditujukan kepada masyarakat menengah kebawah dengan kualitas dan standarisasi yang telah ditetapkan pemerintah. Tentunya harga yang ditetapkan pun di bawah harga standar (beras sbersubsidi). Beras yang biasanya di distribusikan untuk masyarakat menengah kebawah di namakan Beras Miskin atau sering disebut beras Raskin.
Melihat peran dan fungsi yang begitu penting maka perlu ada control dari masyarakat maupun pemerintah untuk kemudian mengevaluasi kinerjanya. Namun, keberadaan BULOG sekarang dipertanyakan, khususnya di daerah Banyumas. Isu yang sedang berkembang di daerah Banyumas terkait dengan kinerja BULOG yaitu ke tidak profesionalan BULOG dalam pengelolaan beras miskin yang telah didistribusikan untuk masyarakat menengah kebawah. Ketidak profesionalan BULOG tersebut terlihat pada kualitas beras yang di distribusikan tidak tidak layak atau tidak sesuai dengan standarisasi dari pemerintah. Kasus ini jelas akan merugikan masyarakat luas seperti turunnya kualitas beras yang akan berdampak pada nilai gizi yang tidak seharusnya dikonsumsi masyarakat kita. Kemudian harga yang tidak sesuai dengan kualitas beras tersebut akan sangat memukul masyarakat yang notaben sasarannya yaitu masyarakat menengah kebawah dan masih banyak dampak lain.
Ada beberapa kemungkinan ketika kita melihat kasus ini secara baik, yang pertama adanya kepentingan dari luar sebagai contoh supplayer yang mencoba untuk mengarahkan BULOG dengan tujuan keuntungan semata. Yang kedua adanya suatu permasalahan dalam tubuh BULOG itu sendiri. Opini publikpun kini telah terbangun terkait dengan kinerja BULOG yang masih bisa diarahkan atau di politisirnya BULOG oleh kepentingan luar.
Sikap indepedensi dan keprofesionalan BULOG dalam bidang kerja harus tetap di jalankan dengan baik karena mengingat juga BULOG merupakan badan pemerintah dan akan menyangkut kesejahteraan masyarakat luas.
Pada hari ini tepatnya tanggal 1 sampai 5 Desember 2009 pukul 08.00 WIB akan diadakan pembagian jatah Raskin kepada masyarakat disekitar Banyumas dengan dihadiri oleh beberapa LSM untuk melihat kualitas beras apakah sesuai dengan kriteria atau standar yang memang layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat atau tidak.
Memang sungguh ironi negeri kita tercinta ini, banyak orang yang memanfaatkan jabatan hanya untuk kekayaan perseorangan saja sedangkan rakyat hanya menjerit dan menerima nasibnya tanpa bisa memecahkan hamparan langit penguasa yang seakan akan sangat jauh sekali untuk dicapai. Semoga saja badan pemerintah yang ada selalu bersikap profesional dalam mengemban tugas negara dan bertujuan satu yaitu mensejahterkan rakyat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s